Pages

Wednesday, August 8, 2012

Faktor Utama Kegagalan Orang Pintar

 
Setiap orang di Dunia ini di lahirkan untuk menjadi pintar, kepintaran dari segala macam aspek tidak hanya kepintaran secara formal saja. Namun, justru kepintaran ini yang terkadang menjadi batu sandungan tersendiri bagi manusia tersebut.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang bisa menyebabkan orang pintar mengalami kegagalan dalam hidupnya....


1. Terlalu Menganggap Dirinya Hebat

Tidak dipungkiri bahwa orang yang pintar dalam satu hal adalah orang yang hebat. Orang pintar juga selalu dipandang hebat oleh orang lain. Namun, jika orang pintar sangat membanggakan kepintarannya dan pada akhirnya menjadi orang yang sombong dengan menganggap dirinya paling hebat, itu akan menjadi bumerang baginya. Mengganggap diri sendiri sangat hebat akan membuat seseorang tidak bisa menerima kritikan atau masukan dari orang lain. Hal inilah yang menyebabkan orang pintar gagal karena walaupun hebat dia tidak memiliki kemajuan karena dia hanya melihat kelebihannya sendiri. Sepintar apapun manusia, hal yang terpenting adalah mau menerima masukan dari orang lain, karena tidak mungkin kita bisa melihat kekurangan diri kita secara utuh.
  
2. Terlalu Memperhitungkan Banyak Hal

Orang pintar biasanya takut untuk mengambil resiko. Oleh karena itu mereka terlalu banyak memperhitungkan hal-hal yang sebetulnya tidak perlu. Walaupun memperhitungkan baik-buruk dalam melakukan sesuatu hal adalah sifat yang baik. Namun bila terlalu banyak yang dipikirkan sebelum memutuskan sesuatu, hal inilah yang akan membuat orang ini tidak akan mencapai kemajuan. Perlu diingat terkadang resiko yang kita dapat itu merupakan sebuah pelajaran yang membuat kita lebih pintar dan lebih tegar.

3. Tidak Mempraktekan Ilmunya

Pengetahuan yang dimiliki oleh orang pintar sangatlah luas. Namun mengapa mereka bisa gagal? Hal ini dikarenakan karena walaupun mereka memiliki kepintaran yang luas mereka tidak pernah mempraktekan hal tersebut karena kebanyakan dari mereka bersifat teoritis. Jika memiliki pengetahuan lebih, alangkah baiknya jika kita mempraktekannya karena ilmu yang tidak dipraktekan akan hanya menjadi debu. Saya sangat setuju jika setiap sekolah memiliki metode pelajaran dengan memperbanyak parakteknya bukan teori.
  
4. Kurang Bisa Bersosialisasi

Kebanyakan orang pintar hanya mempertinggi intelegensi akademisnya tanpa memikirkan intelegensi sosialnya. Padahal salah satu point penting untuk menggapai sukses adalah dengan kepintaran kita bersosialisasi dengan orang lain. Namun hal ini jarang dilakukan oleh orang pintar lantaran mereka hanya berpusat untuk menambah ilmu yang mereka dapat dari buku.
  
5. Selalu Berpikir Kesempatan Akan Datang Lagi

Kebanyakan orang pintar biasanya selalu merasa dirinya sangat diperlukan dalam dunia pekerjaan. Karena hal ini mereka suka menolak sebuah kesempatan yang datang lantaran berfikir nanti akan ada kesempatan yang lebih baik lagi. Yang perlu diperhatikan adalah walaupun Anda seorang yang pintar, menolak suatu kesempatan walaupun kesempatan itu kecil tidak akan kembali dan akan diambil oleh orang lain. Perlu diingatkan bahwa tidak selamanya kesempatan yang baik itu akan datang 2 kali.
 
 
 


No comments:

Post a Comment